Checklist: Prinsip Rahasia di Balik Viral Marketing dan Getok Tular
Jadipunya.id – Diambil dari buku Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer karya Jonah Berger, ada enam prinsip sesuatu bisa viral atau mewabah. Keenam prinsip ini juga bisa diterapkan dalam strategi pemasaran viral atau viral marketing.
Mengutip Sproutsocial, viral marketing adalah gaya promosi yang mengandalkan audience untuk menyebarkan pesan suatu produk atau layanan. Sebuah marketing dianggap viral jika mencapai titik di mana pesannya dibagikan oleh publik secara luas, bukan hanya oleh target audience-nya.
Meski serupa tapi tak sama, viral marketing ini bisa disandingkan dengan getok tular atau word-of-mouth. Yang pertama lebih secara online, sedangkan yang kedua secara offline atau bisa juga keduanya.
Apa pun media atau alat yang digunakan untuk menyebarkan iklan, satu hal yang pasti adalah: adanya pesan yang disampaikan. Pesan inilah yang akan dilihat oleh target audience.
Setelah diteliti oleh Berger, ternyata ada benang merah dari setiap pesan yang viral. Pesan yang mengandung enam prinsip ini cenderung lebih mewabah: social currency, trigger, emotion, public, practical value, dan story. Keenamnya biasa dikenal dengan STEPPS.
Nah, untuk memastikan pesan yang kita buat sudah memenuhi keenam prinsip itu, ada baiknya lakukan self audit atau tanyakan pertanyaan di bawah ini pada produk atau gagasan yang akan dipromosikan.
Baca Juga: 6 Prinsip dari Buku Contagious, Penyebab Sesuatu Viral
Ini adalah Chek list yang diambil dari buku Contagious karya Jonah Berger.
STEPPS: Check List
Social Currency
(Mata Uang Sosial) atau Kebanggaan Diri
• Apakah bicara tentang produk atau gagasan kamu membuat orang terlihat lebih baik?
• Bisakah kamu menemukan keistimewaan bawaannya?
• Bisakah kamu memanfaatkan mekanisme permainan?
• Bisakah kamu membuat orang merasa seperti orang dalam?
Trigger
(Pemicu)
atau Mudah Diingat
• Mempertimbangkan konteks.
• Apa tanda-tanda yang membuat orang berpikir tentang produk atau gagasan kamu?
• Bagaimana kamu bisa menumbuhkan habitat dan membuatnya muncul lebih sering dipikiran?
Emotion
(Emosi) atau Emosional
• Berfokus pada perasaan.
• Apakah berbincang tentang produk atau gagasan kamu membangkitkan emosi?
• Bagaimana kamu bisa memelihara api itu?
Public
(Umum)
atau Topik Populer
• Apakah produk atau gagasan kamu mengiklankan diri?
• Bisakah orang melihat ketika orang lain menggunakannya?
• Kalau tidak, bagaimana kamu bisa membuat yang pribadi menjadi umum?
• Bisakah kamu menciptakan residu perilaku yang tetap ada bahkan setelah orang sibuk dengan urusan lain?
Practical Value
(Nilai Praktis)
atau Mudah Dipraktikkan
• Apakah berbincang tentang produk atau gagasan kamu membuat orang bisa membantu orang lain?
• Bagaimana Kamu bisa menonjolkan nilai istimewa, mengemas pengetahuan dan keahlian kamu ke dalam informasi berguna yang akan membuat orang ingin menyebarluaskannya?
Story
(Cerita)
• Apakah kuda Troya kamu?
• Apakah produk atau gagasan kamu tertanam dalam narasi lebih luas yang membuat orang ingin membagikannya?
• Apakah kisah itu selain mewabah juga berharga?
***
Dengan mengikuti keenam prinsip STEPPS di atas, bahkan hanya beberapa di antaranya, kamu bisa memanfaatkan pengaruh sosial dan getok tular. Ini bisa memperbesar peluang untuk menjadikan produk atau gagasan kamu populer.
Baca Juga: Jangan Asal Eksekusi: Pahami Perbedaan Strategi dan Taktik dalam Marketing
Gimana, jadi punya khazanah wawasan baru kan?
Sumber Gambar dan Referensi: Unsplash | Sproutsocial | Thebalancesmb | Buku Contagious
- 300+ Nama Latin Burung Endemik di Indonesia, Mana Paling Keren? - September 13, 2024
- Deretan Nama Latin Hewan atau Binatang, Ada yang Jadi Favoritmu? - September 5, 2024
- 234+ Nama Latin Tumbuhan dan Tanaman, Ada yang Kamu Tahu? - August 2, 2024