Digital Marketing, Konten

Contoh Content Marketing: 20+ Branded Web Series Indonesia

Jadipunya.id – Salah satu bentuk content marketing yang sedang populer adalah web series. Web series dapat diartikan sebagai format tontonan berseri yang ditayangkan melalui teknologi video berbasis web. Saking diminatinya, para pemilik brand pun melirik format konten ini. Mulai lah era branded web series Indonesia.

Menurut MarketingCraft, branded web series adalah bentuk content marketing dalam format film pendek dari brand yang dikemas dalam durasi padat, serta diletakkan dalam sebuah platform yang mudah dibagikan, seperti Youtube atau media sosial lainnya.

Dengan sifatnya yang mudah dibagikan atau shareable, maka tak mengherankan jika web series cocok sebagai konten untuk media komunikasi brand. Karena shareable berarti bisa meningkatkan brand awareness secara efektif.

Berikut ini contoh branded web series Indonesia yang seru dan bisa kamu tonton.

1. Cerita Sunyi (2019) dari Tropicana Slim

Cerita Sunyi, branded web series dari Tropicana Slim

2. Cinta Abadi (2019) dari Gravity Game Link (Ragnarok)

Cinta Abadi, branded web series dari Gravity Game Link

3. Harap Senja di Tembagapura (2019) dari PT Freeport Indonesia

Harap Senja di Tembagapura, branded web series dari Freeport Indonesia

4. Janji (2019) dari Tropicana Slim

Janji, branded web series dari Tropicana Slim

5. Jejak Rasa (2019) dari Eiger Adventure

Jejak Rasa, branded web series dari Eiger Adventure

6. Jejak Warna (2019) dari Toyota Indonesia

Jejak Warna, branded web series dari Toyota

7. Like Me, Please? (2019) dari Fitco Indonesia

Like Me, Please?, branded web series dari Fitmee

8. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini The Series (2019) dari Toyota Indonesia

NKCTHI The Series, branded web series dari Toyota

9. Pada Suatu Hari yang Biasa (2019) dari Toshiba Storage

Pada Suatu Hari yang Biasa, branded web series dari Toshiba

10. Pakai Hati (2019) dari Bank BRI

Pakai Hati, branded web series dari BRI

11. Percaya Ini Rindu (2019) dari BRI Life

Percaya Ini Rindu, branded web series dari BRI Life

12. Project Darwin (2019) dari Jagoan Hosting Indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=WZEuCZU3u6E
Project Darwin, branded web series dari Jagoan Hosting

13. Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode (2018) dari Toyota Indonesia

Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode, branded web series dari Toyota

14. Yakin Nikah (2018) dari JBL Indonesia

Yakin Nikah, branded web series dari JBL

15. Berasa Beneran (2017) dari Durex

Berasa Beneran, branded web series dari Durex

16. Pakai Kepala Dingin (2017) dari Clear Indonesia

Pakai Kepala Dingin, branded web series dari Clear

17. SORE: Istri dari Masa Depan (2017) dari Tropicana Slim

SORE, branded web series dari Tropicana Slim

18. Axelerate the Series: The Untold Story of Keenan Pearce (2016) dari Axe Indonesia

Axelerate The Series, branded web series dari Axe

19. Hijab Love Story (2016) dari Dream.co.id dan Wardah

Hijab Love Story, branded web series dari Wardah

20. The Big Start Indonesia (2016) dari Blibli. Branded web series Indonesia berformat reality show.

The Big Start Indonesia, branded web series dari Blibli

21. Nic & Mar (2015) dari Line

Nic and Mar, branded web series dari Line

22. 2nd Chance (2014) dari XL

2nd Chance, branded web series dari XL

***

Untuk menjadi konten yang shareable, branded web series harus dibarengi dengan jalan cerita yang menarik. Cerita yang emosional biasanya lebih mengena. Konten harus memiliki pesan tertentu yang bisa disampaikan kepada audiens dan target pasar sehingga brand purpose lebih ‘nempel’.

Jangan lupa, Content Marketing = Brand Purpose + What Customer Want.

Gimana, jadi punya khazanah wawasan baru kan?

Oleh: Ryan Prasetia Budiman