Bagaimana Cara Belajar Social Media Marketing? Coba Sumber Gratis Ini
Jadipunya.id – Belajar adalah sebuah proses berkelanjutan. Termasuk saat belajar social media marketing. Apalagi jika yang dipelajari memiliki banyak platform, maka belajar yang efektif menjadi kunci.
Namun pastinya kamu sudah mengenal social media, bahkan kemungkinan besarnya kamu sudah memiliki satu atau beberapa akunnya. Itu awal yang baik untuk memperdalam pengetahuan di bidang ini.
Secara sederhana, cara belajar social media marketing bisa dimulai dari:
- Mindset yang positif, bahwa kamu ‘pasti bisa’.
- Belajar dari sumber gratis. Link-nya kami tuliskan di bawah.
- Fokus pada platform social media yang ingin kamu kuasai.
- Praktik! Coba, dan lakukan lagi.
Mindset “Pasti Bisa”
Ada banyak platform media sosial yang biasa digunakan. Selain untuk bersosialisasi, media sosial juga bisa digunakan untuk kegiatan marketing. Media sosial yang populer digunakan untu kegiatan marketing sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan yang paling baru tapi cukup populer, TikTok.
Setiap platform memiliki karakteristik dan audience yang berbeda. Sehingga untuk menguasai semuanya menjadi rumit.
Tapi, di situlah tantangannya. Ketika kamu sudah berniat untuk belajar social media marketing, maka mindset kamu harus diatur ke mode: ‘pasti bisa’. Seperti kata Napoleon Hill, apapun yang dapat dibayangkan dan dipercaya oleh pikiran manusia, hal itu dapat dicapai.
“Whatever the mind of man can conceive and believe, it can achieve.”
Napoleon Hill
Resource untuk Belajar Social Media Marketing
Kamu harus belajar dari sumber yang terpercaya. Dalam tulisan ini, kami punya daftar referensi sumber yang bisa kamu gunakan untuk memulai belajar social media marketing secara gratis. Untuk memudahkan, setiap sumber akan dimasukkan ke dalam setiap nama platformnya.
Belajar Social Media Marketing Secara Umum
Simplilearn
Simplilearn adalah platform edukasi berbasis online yang berasal dari India. Dalam video yang berdurasi sekitar lima setengah jam, kamu bisa belajar tentang mengelola iklan Facebook, tips menambah follower di Instagram dan Twitter, sampai tips menaikkan ranking Youtube.
Neil Patel
Neil Patel adalah pakar digital marketing kenamaan dunia. Bagi yang menggeluti bidang search engine, pasti familiar dengannya. Meski kekuatan super Neil ada pada SEO, tapi pengetahuannya tentang social media marketing tidak perlu kamu ragukan.
Hubspot Academy: Social Media Marketing Course
Ini kursus daring gratis terlengkap yang membahas strategi media sosial. Jika dilihat dari kurikulumnya, kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengembangkan strategi media sosial yang menarik dan efektif untuk bisnis. Di akhir pembelajaran, kamu akan mendapatkan sertifikat online.
Blog: Buffer Library
Buffer adalah salah satu tools yang sering digunakan sebagai social media management. Sampai dengan artikel ini ditulis, ada sekitar 95 tulisan seputar sosial media marketing, content marketing, social media design, Facebook marketing, hingga social media analytics yang bisa kamu baca di blognya.
Blog: Niagahoster
Salah satu blog yang mengulas tentang digital marketing. Meski merupakan blog dari perusahaan web hosting, kontennya bukan kaleng-kaleng. Dari struktur tulisan dan kelengkapan artikelnya, terlihat bahwa setiap kontennya dikurasi dengan maksimal.
Facebook dan Instagram
Facebook Blueprint dan Instagram Business
Buat kamu yang ingin memperdalam pengetahuan seputar marketing dan periklanan di Facebook, coba buka dan belajar dari Facebook Blueprint. Di sini kamu bisa mempelajari seputar perencanaan kampanye, melakukan penargetan audience, hingga menganalisis keberhasilan iklan.
Tak hanya tentang Facebook, di sini pun kamu bisa belajar tentang bagaimana mengembangkan bisnis melalui Instagram.
Twitter Flight School
Cocok untuk kamu yang memilih Twitter sebagai platform pemasaran di media sosial. Twitter Flight School merupakan platform belajar online dari Twitter yang memberikan kelas tentang pemasaran dan cara beriklan di Twitter. Salah satu materinya yaitu video tutorial tentang bagaimana cara untuk membuat video campaign yang efektif.
Blog tentang Konten Twittter
Pada artikel blog tersebut, kamu bisa membaca penjelasan tentang jenis konten yang banyak disukai pengguna Twitter.
Blog: Hootsuite dan Blog LinkedIn Marketing Solutions
LinkedIn adalah platform media sosial yang cocok untuk pemasaran business to business. Kedua blog di atas adalah sumber bacaan yang up to date mengenai tips dan trik melakukan pemasaran di LinkedIn.
TikTok
Influencer Marketing Hub
TikTok bukan hanya tentang berjoget. TikTok adalah platform terbaru untuk membangun branding atau personal branding. Dalam course gratis di atas, kamu akan belajar seputar TikTok. Mulai dari cerita kemunculannya, bagaimana membuat akunnya, membuat kontennya, hingga mengoptimasinya.
Youtube
Creator Academy
Ini berisi video panduan tentang berkreasi di Youtube. Tema materi yang bisa diikuti antara lain seputar strategi membuat konten, cara memproduksi video, cara mengoptimasinya, dan bagaimana cara memonetisasi channel. Di Creator Academy ini, kamu bisa belajar secara gratis.
Fokus pada Platform Social Media yang Ingin Kamu Kuasai
Setelah memahami fundamental dari social media marketing dan mengetahui karakter setiap media sosialnya, kamu harus menentukan ingin belajar dan memperdalam media sosial yang mana.
Sesuaikan pilihan media sosial dengan sumber daya yang kamu miliki dan target audience dari produk bisnismu. Lalu pelajari kembali materi media sosial tersebut pada sumber di atas.
Agar audience tahu tentang keberadaan akunmu, mulai lengkapi profil di media sosial. Beberapa yang wajib diisi antara lain username, deskripsi, profil picture, cover photo, URL, dan lokasi.
Setelah itu, tentukan jenis konten dan voice and tone-nya. Keduanya harus disesuaikan dengan persona dari audience yang menjadi target.
Jika konten sudah ditentukan, selanjutnya perhatikan frekuensi dan waktu mengunggahnya. Kemudian agar aktivitas pemasaran media sosial lebih efektif, terus lakukan analisis pada insight yang terdapat dalam platform media sosialmu.
Praktik! Coba, dan Lakukan Lagi
Saat ini, sosial media adalah tentang komunikasi dua arah. Jika konten yang diunggah relevan dengan audience, maka akan terjadi interaksi dan respon yang baik. Namun, untuk mendapatkan interaksi bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, ini bisa dipelajari dengan cara trial and error.
Coba lagi buat konten yang lebih relevan dengan audience jika konten sebelumnya tidak mendapatkan engagement yang diharapkan. Unggah di waktu yang berbeda jika unggahan pada waktu tertentu belum optimal. Manfaatkan juga fitur analisis untuk mendapatkan insight tentang follower dan audience.
Praktikkan teori, tips dan trik yang telah dipelajari sebelumnya.
***
Itulah beberapa cara dari kami. Untuk merangkum, cara belajar social media marketing yang bisa kamu coba adalah miliki mindset ‘pasti bisa’, manfaatkan sumber belajar gratis, fokus pada platform media sosial yang dipilih, dan trial and error.
Jika ada sumber belajar social media marketing lain yang ingin kamu tambahkan, tulis di kolom komentar ya.
Gimana, jadi punya khazanah wawasan baru kan?
Sumber gambar: Pexels.com
- 300+ Nama Latin Burung Endemik di Indonesia, Mana Paling Keren? - September 13, 2024
- Deretan Nama Latin Hewan atau Binatang, Ada yang Jadi Favoritmu? - September 5, 2024
- 234+ Nama Latin Tumbuhan dan Tanaman, Ada yang Kamu Tahu? - August 2, 2024